Monday, November 30, 2015

Kunci Monetisasi Blog: Content, Traffic, Pre-selling, dan Monetize (Pilar CTPM)


monetisasi blog atau menghasilkan uang lewat blog saat ini bukan lagi
sesuatu yang aneh untuk dilakukan. Blog bukan lagi sekadar ruang
personal semata. Blog adalah_ media baru dan unik yang menawarkan
berbagai peluang eksplorasi dan potensi mendulang uang melalui
internet.
Sayangnya, lnformasi tentang bagaimana sebenarnya cara yang tepat
untuk melakukan monetisasl blog masih sangat terbatas. Tidak sedikit
blogger yang terburu nafsu melakukan monetisasi blog sesaat setelah
memutuskan untuk make money from blog dan malab banya
mendapatkan kegagalan.
Pilar CTPM adalah kunci sukses yang bisa Anda ikuti dengan mudab
untuk melakukan monetisasl blog. Teori monetisasi blog yang digagas
oleh Ken Evoy, pendiri SiteSell.com dan SiteBuildlt, ini blsa Anda
terapkan balk bagi Anclayang baru mulai merencanakan membuat blog
ataupun bagi Anda yang telah memiliki blog dan berniat melakukan
monetisasi dari blog Anda. y
Pilar CTPl\/l terdiri dari empat tiang penyangga yang terdiri dari Content,
Traffic, Pre-selling, dan Nlonetize. I\/lasing-masing pilar saling bertautan
dan berurutan. Anda tidak bisa melakukan monetisasi blog dengan
urutan berbeda, misalnya Traffic, Content, Pre-selling, 'l\/Ionetize, atau
Monetize, Content, Pre-selling, Traffic.
Dengan memahami dan menerapkan teori Pilar CTPM, Anda blsa
melakukan monetisasi blog dengan basil yang lebih balk dan terukur.
Apa dan bagaimana sebenarnya Pilar CTPM?

Pilar 1 CTPM: Content ”
Content is the K/ng" - Anonymous
Apa yang dicari pengguna internet? lnformasi. Apa yang diinginkan
orang ketika menggunakan mesin pencari Google ataupun Yahoo?
Informasi. Apa yang Anda baca ketika berselancar mengunjungi situs-
situs yang ada di internet? lnforrnasl.
lnformasi. lnformasi. lnformasi. Ya, itulah faktanya. Orang menggunakan
internet pertama-tama bukan karena ingin membeli sesuatu, namun
lebih karena ingin mendapatkan informasi. Tepatnya, lnformasi yang
benar-benar mereka butuhkan. A
Jil<a tujuan utama pengguna internet adalah untuk mendapatkan
informasi maka tidak ada Cara lain untuk menarlk hati calon pembaca
blog Anda ykecuali dengan memberikan informasi bernilai tinggi dan
bermanfaat yang benar-benar dibutuhkan para pembaca blog Anda.
Lalu apa yang harus Anda lakukan?
1. Ubah Mlnat, Hobi, Keahlian, dan Bakat Anda Menjadi Informasi
yang Dibutuhkan
Setiap orang tahu tentang sesuatu, begltu pula dengan Anda.
Barangkali Anda hobi nonton film. Atau suka membaca buku-buku
psikologi populer. Atau barangkali Anda jago desain grafis. Atau suka
menggambar komik. Atau blsa jadi Anda memiliki hobi jalan-jalan
dan paham benar sudut-sudut kota tempat Anda tinggal. Atau
barangkali Anda seorang guru Fisika.
Apa pun minat, hobi, keahlian, dan bakat yang Anda milikl, Anda
blsa mengubahnya menjadi informasi yang bernilai dan bermanfaat
bagi pembaca blog Anda.
Bagaimana cara menentukan topik blog Anda? Untuk menentukan
topik yang tepat dan sekaligus menguntungkan, cobalah jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut. '
- Apa minat terbesar Anda?
- Apa hobi Anda?
- Apa keahlian Anda?
- Apa bakat Anda?

- Apa topik/pengetahuan yang paling Anda kuasai? A
- Berapa banyak peluang untuk unggul dalam topik yang Anda
minatl?
~ Apa keywords yang paling banyak dicari dalam topik yang Anda
minati?
- Bagaimana peluang monetisasi yang bisa dilakukan dalam topik
yang Anda minati?
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan
menemukan topik yang benar-benar sesuai dengan hasrat dan
minat Anda dan sekaligus memillkl potensi memberikan keuntungan
melalui monetisasi blog yang nanti akan Anda Iakukan.
Ciptakan Konten yang Bernilai Tinggi, Bermanfaat, dan Dibutuhkan
Apa yang membuat orang mau dan setia mengunjungi blog Anda?
Konten yang bermanfaat.
|\/lenciptakan konten yang bernilai tinggi dan berrnanfaat adalah
kunci monetisasi blog melalui Pilar CTPIVI. Tanpa konten yang benar-
benar bermanfaat dan dibutuhkan, Anda tidak akan mendapatkan
pengunjung. Tanpa pengunjung, Anda tidak blsa melakukan Pre-
selling. Tanpa ada Pre-selling, I\/lonetisasi tidak mungkin dilakukan.
Apakah Anda harus pandai menulis untuk menghasilkan konten
yang bermanfaat? Sama sekali tidak. Ungkapan "saya tidak pandai
menulis" atau "tulisan saya buruk sekali" bukanlah alasan untuk
ticlak mampu menghasilkan konten yang bermanfaat.
Satu prinsip yang layak dipegang untuk menulis konten yang
bermanfaat adalah: Anda bukanlah Shakespeare. Anda bukan
sastrawan. Anda bukan novelis. Anda tidak sedang berusaha mem-
buat takjub pembaca blog Anda dengan kemampuan berbahasa
Anda yang indah nan memesona. Anda sekadar ingin berbagi
pengetahuan yang Anda miliki dan benar-benar dibutuhkan
pembaca blog Anda.
Cukup. Itu saja.
Yang jauh lebih penting dalam menciptakan konten yang ber-
manfaat adalah hasrat yang besar untuk berbagi dengan pembaca
blog Anda. Gunakanlah gaya pribadl Anda sendiri. Tidak perlu
menjadi orang lain. Jadilah diri Anda sendiri. Hasrat yang menyala-
nyala untuk berbagi dan Cara berbahasa yang hanya menjadi milik
Anda sendiri itulah yang justru akan menjadi daya tarik dan citra diri
Anda, bukan yang lain.
Bangun Backlink
Apa itu back/ink? Secara sederhana, backlink adalah link tautan dari
blog lain ke blog Anda. Setidaknya ada tlga cara rnembangun
backlink. Pertama, dengan membuat dummy b/og yang bisa kita
berikan tautan link satu sama lain. Kedua, dengan melakukan tukar
backlink secara langsung kepada blogger lain. Ket/ga, dengan
menciptakan konten pilar yang bermanfaat dan benar-benar
dibutuhkan sehingga membuat blogger lain menautkan link, bahkan
tanpa diminta.
Cara pertama dan kedua lebih mudah dilakukan, namun ada
keterbatasannya. Berapa banyak dummy blog yang blsa kita buat?
Pasti ada batasnya. Demikian halnya, tidak semua blogger mau
melakukan tukar link. Cara kedua lebih sulit dilakukan, namun
memiliki potensi membangun backlink yang jauh lebih besar. Jika
Anda ingin membangun sebuah bisnis jangka panjang dengan blog
Anda, Cara kedua jauh lebih menguntungkan.
Tulis Konten yang Memberikan Backlink Lebih Banyak Lagi
Apa yang harus Anda lakukan setelah menulis konten yang benar-
benar bermanfaat dan dibutuhkan pembaca blog Anda? Tulis konten
lebih banyak lagi. Dengan menulis lebih banyak konten secara rutin
dan kaya dengan keywords yang Anda kuasai, pencari informasi
melalui mesin pencari (search engines) akan lebih mudah
menemukan blog Anda seirlng dengan semakin baiknya posisi SERP
(Search Engines Results Page) blog Anda pada mesin pencari.
Ibarat sebuah toko, blog Anda ,akan lebih banyak menarik pengun-
jung jika memiliki “barang dagangan" (konten) yang lebih lengkap,
berkualitas, dan selalu segar (update). Tentu Anda pun akan malas
mendatangl toko yang hanya menjajakan sedikit "barang dagangan"
(konten), berkualitas nomor dua, dan bahkan sudah basi (jarang di-
update).
ladi, sebagai keslmpulan pilar pertama ini, untuk melalakukan
monetisasi blog, hal pertama yang perlu Anda pikirkan bukannlah
PROGRAM monetisasi apa yang harus saya pilih, melainkan KONTEN
seperti apa yang harus saya tulis.
Content Nrst. Monetization /ater,
Pilar 2 CTPIVI: Traffic
Konten adalah raja, namun konten bukanlah segala~ga|anya. Daly. 1
dunia blogging, konten yang bernilai tinggi dan bermanfaat ticial< 511512 ~
sebagai ukuran kesuksesan monetisasi blog. Konten yang bagus, belwkarw
sempurna, tidak dengan serta~merta menarik pembaca. Apa af:i=>¢»
sebuah blog dengan konten yang bernilai tinggi, bermanfaat, dan nebat
dalam semua aspeknya, namun tidak ada satu pun orang \,'a='w;
membacanya?
Kok bisa tidak ada yang membaca? Bukankah konten yang bernilai @‘:Ă©:ef;g;§
dan bermanfaat PASTI akan dicari dan dibutuhkan orang?
Sayangnya tidak. Konten yang bagus adalah satu hal penting, namwi
bagaimana menarik pengunjung aclalah hal penting yang lain.
Ya, menarik traffic ke blog Anda adalah langkah kedua, yang barb; Ami;-i
lakukan setelah menulis konten yang bagus.
Secara umum, ada dua macam traffic. Pertama, traffic gratis. `i`raff¥:‘ 
sebagian besar berasal dari pengunjung yang datang dari balaznan §z;e;;fi
pencarian Search engine, sisanya dari social media, social bookni»<sf'i='»w;,;,
forum, dan lain-lain. Kedua, traffic berbayar. Traffic ini beraaai 
pengunjung yang datang dari iklan Pay-Per-Click (misal Google s»;Ă©=¢» 
atau YPN) yang Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda.
l\/leskipun Anda tentu bisa melakukan keduanya, namun trafiic grade;
seharusnya menjadi fokus utama Anda untuk menarik 
Traffic berbayar barangkali akan memberikan pengunjung ke biog fimcéa,
namun begitu Anda berhenti memasang iklan, berhenti pal; aiisaiw
pengunjung ke blog Anda. Karena pertlmbangan itulah artil<e§ EVN iiaivga
akan menyinggung tip bagaimana menarik traffic secara gram   %;2<1
Anda.
Bagaimana cara menarik traffic gratis ke blog Anda?
Daftarkan Blog Anda ke Mesin Pencari
Sepele, namun krusial. Inilah langkah penting pertama yang harus
Anda lakukan untuk menarik traffic gratis ke blog Anda. Untuk
mendapatkan traffic gratis dari mesin pencari, blog Anda harus
terlebih dahulu terdaftar dan ter-cravv/ oleh robot mesin pencari.
Daftarkanlah blog Anda setidaknya pada tiga mesin pencari
terbesar, yakni Google, Yahoo, dan |\/ISN. Silakan l<lil< situs mesin
pencari untuk mendaftarkan blog Anda di mesin pencari Google,
Yahoo, dan IVISN. ‘
Daftarkan Blog Anda ke Blog Directory
B/og directory adalah situs yang berisikan daftar blog yang disusun
berdasarkan topik tertentu. Dengan mendaftarkan blog Anda ke
bbg directory, selain bisa mendapatkan suntikan pengunjung, Anda
akan mendapatkan backlink dari situs blog directory yang l<ebanyal<-
an memiliki nilai page rank cukup tinggi. Hasilnya, di mata mesin
pencari, blog Anda akan memiliki kualitas yang lebih tinggi pula.
Ciptakan Lebih Banyak'Konten yang Bernilai Tinggi
Lebih dari segalanya dan seperti yang telah dibahas pada bagian
pertama artikel ini, menciptakan konten yang bernilai tinggi aclalalw
syarat mutlak untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Tulislah
konten yang bermanfaat bagi pembaca blog Anda, sekaligus lakukan
optimasi keywords terfokus yang sesuai dengan topik blog Anda.
l\/lulailah dengan menulis konten secara rutin dan topikal dengan
melakukan optimasi on-page SEO berdasarkan keywords yang Anda
bidik. Semakin bagus optimasi on-page yang Anda lakukan, Semakin
tinggi ranking SERP (Search Engine Results Page) yang Anda
dapatkan, dan pada gilirannya Semakin besar peluang datangnya
pengunjung ke blog Anda. ' '
Bangun Backlink A
l\/lembangun back/ink akan meningkatkan nilai off-page search
engine optimization (SEO) yang pada gilirannya akan meningkatkan
ranking hasil pencarian atau SERP (Search Engine Results Page).
Semakin banyak back/ink natural atau organik (baca: bukan paid
/ink) yang Anda dapatkan, semakin tinggi SERP blog Anda di mesin
pencari. Hasilnya, tentu semakin banyak pengunjung yang datang ke
blog Anda. Cara membangun back/ink bisa Anda baca di bagian
pertama seri artikel ini.
Promosikan Blog Anda
Ada banyak Cara mempromosikan blog tanpa mengeluarkan uang
sedikit pun. Beberapa Cara yang bisa Anda coba di antaranya adalah:
- memberikan komentar (tentu bukan spam comment) di blog lain
- mendaftar dan meninggalkan signature blog di forum-forum
online
- memanfaatkan layanan RSS Feed, misalnya dari FeedBurner
- memanfaatkan layanan RSS melalui email, misalnya dari
FeedBlitz
- memanfaatkan situs social networking, semisal Friendster, lVly
Space, dan lain-lain
- mencantumkan signature blog di email pribadi Anda
- mendaftar situs-situs social networking, semisal l\/|yBlogLog dan
BlogCata|og `
- memanfaatkan situs social media semacam Wikipedia
- memanfaatkan Entrecard
- menyisipkan alamat blog pada akun Yahoo Messenger
- memanfaatkan situs social bookmarking semacam Digg,
StumbleUpon, atau Lintas Berita
- menulis untuk blog lain (guest blogger) dengan menyertakan
alamat blog Anda
Selain cara-Cara tersebut, Anda juga bisa mencoba melakukan
promosi blog dengan Cara-cara menakjubkan ala guerrilla
marketing. lntinya, lakukanlah upaya promosi gratis semaksimal
mungkin sebelum memutuskan memilih Cara promosi berbayar
melalui iklan.
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, blog Anda akan
dikenal karena kualitas dan kredibilitas, baik oleh mesin pencari
maupun oleh pembaca yang merasa mendapatkan manfaat dari
blog Anda. Hasil akhirnya, Anda akan menarik pengunjung loyal yang
selalu datang dan datang lagi ke blog Anda. Setelah memiliki cukup
banyak traffic, langkah berikutnya adalah Anda melakukan Pre-
selling dan tentu saja l\/lonetisasi.
Pilar 3 CTPM: Pre-selling
"Building o business is ol/ about building relationship" - Anonymous
l\/lana yang Anda pilih: seorang penjual bakso yang melayanl Anda
dengan senyum bersahabat, sapaan ramah dan sopan saat mem-
bawakan pesanan Anda, atau seorang penjual bakso yang cemberut,
tanpa senyum dan nyaris seperti robot yang kaku melayanl permintaan
Anda?
l\/lana yang Anda pilih: seorang pemilik kios kelontong kecil yang
memberikan hadiah sekadar permen untuk adik Anda, rnenyebut narna
Anda ketika melayani, dan menanyakan kabar keluarga Anda, atau
seorang pemilik kios kelontong yang acuh tak acuh melayani, cemberut
dan berrnuka masam, dan tidak pernah memberikan hadlah apa pun
ketika Anda membeli sesuatu?
Saya tidak tahu jawaban Anda, tapi jika saya yang harus menjawabnya,
saya akan memllih penjual bakso dan pemilik klos kelontong yang
pertama.
Kenapa? Barangkali bukan karena produk mereka lebih balk. Barangkali
juga bukan karena harga barang dagangan mereka lebih murah, namun
lebih karena mereka melayani dengan hati. l\/Iereka melayanl dengan
kehangatan dan ketulusan yang membuat saya rnerasa dihargai.
Ringkasnya, mereka berhasil membangun hubungan yang balk dan
mendapatkan kepercayaan saya.
Ya, itulah esensi membangun sebuah bisnis: membangun hubungan
balk, membangun rasa percaya, respek, Serta loyal konsumen Anda.
Lalu, apa hubungannya pertanyaan tersebut dengan Pre-selling dalam
Pilar CTPl\/I ini?
Dalam Pilar CTPIVI, Pre-selling adalah versi online bagaimana mem-
bangun hubungan yang balk dengan mereka yang membutuhkan
layanan Anda, dalam hal ini pengunjung blog Anda. Pre-selling adalah
tentang memberi yang terbaik kepada pengunjung blog Anda,
membangun kepercayaan melalui blog Anda, dan menumbuhkan liiai
loyal pengunjung blog Anda kepada Anda.
km1€‘
Pre-selling adalah langkah selanjutnya setelah Anda menulis
yang bernilai tinggi, bermanfaat, dan dibutuhkan pembaca blog My
Langkah ini juga merupakan langkah setelah blog Anda
mendapatkan traffic yang cukup banyak.
l'Tl Ef TE
Dengan melakukan Pre-selling, pada hakikatnya Anda sedang 
bangun hubungan balk dalam jangka panjang untuk mend
kepercayaan, respek, dan loyalitas pengunjung blog Anda. Pe"e»@=w<§_
yang berhasil akan memudahkan Anda melakukan langkah l\/lonetisa
bagi blog Anda. A
ag 5 3 
Setidaknya ada beberapa tip untuk melakukan Pre-selling yang lm
dengan blog Anda.
;l'
1. Tulislah konten yang benar-benar dibutuhkan pengunlong 
Anda
Dengan memberikan konten yang memenuhi kebutuhan pengim
jung blog Anda, Anda membuat pengunjung blog Anda mengnarga
dan menyukai Anda. Konten yang bagus juga akan mendoifongj
pengunjung blog Anda untuk berpikir bahwa Anda adalah se=o1'af=@+f
"teman" yang dengan tulus memberikan rekomendasé,
orang asing yang ingin "menjual" sesuatu kepada mereka.
alinallle
2. Berikanlah layanan semaksimal mungkin
l\/lenulislah dengan hasrat untuk berbagi dan dengan gaya ffxiwiia
sendiri. lvlanfaatkanlah layanan FeedBurner (atau layanarf feefiw
gratis lainnya) untuk memberikan pilihan l3‘)/&f”$.EE2l 
pengunjung blog Anda yang ingin membaca blog Anda meial f
Feed Reader ataupun email. Selain itu, balaslali kOlTl"i!`: U
pertanyaan yang masuk ke blog Anda. I
3. Berikanlah bonus tambahan kepada pengunjung blog Amie
Tidak ada salahnya memberikan insentif berupa e-bfimic 
mendorong pengunjung blog Anda untuk lebih terllbat secara
interaktif dengan blog Anda.
.langan memaksa pengunjung blog Anda
Ya, jangan memaksa pengunjung blog Anda untuk melakukan
sesuatu yang tidak dlinglnkannya. Jangan memaksa pengunjung
Anda untuk mengklik iklan, namun buatlah pengunjung Anda sendirl
yang ingin mengklik iklan atau link atau apa pun yang Anda plllh
sebagai sarana monetisasl blog Anda.
Berikan pillhan kepada pengunjung blog Anda
Terakhlr, apa pun tujuan Anda, selalu berlkan pillban kepada
pengunjung blog Anda, bahkan untuk mengatakan tidak atas
tawaran Anda. Sadarilah bahwa pasti ada pengunjung blog Anda
yang tidak mengklik iklan di blog Anda atau menolak rekomendasi
suatu produk yang Anda berikan. Yakinlah bahwa dengan
mernberikan' plllhan kepada pengunjung blog Anda, pengunjung
blog Anda akan Semakin menghargal Anda.
Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda akan menda-
patkan kepercayaan, respek, dan loyalitas dari pengunjung blog
Anda. Hasil akhirnya, Anda akan memiliki sejumlah besar pengun-
jung blog yang memiliki pola pikir "terbuka untuk menerlma
rekomenclasi" Anda. Langkah berikutnya, tentu saja Anda akan lebih
mudah melakukan tahap terakhlr dalam Pilar CTPl\/|, yakni
lvlonetlsasi.

No comments:

Post a Comment